Rabu, 17 November 2010

APAKAH PUSAT SUMBER BELAJAR ITU ?

Diposting dari Penulis : 
Uwes A. Chaeruman on: August 8th, 2007

Seorang TPers dari UNES meminta bantuan saya melalui komentar pada tulisan saya tentang ontologi teknologi pendidikan. Dia minta tolong berkaitan dengan literatur tentang pusat sumber belajar (PSB). Memang jarang sekali tulisan atau literatur tentang PSB. Yang ada adalah PSB sebagai singkatan dari Penerimaan Siswa Baru (student’ enrollment).
Yang jelas intinya begini. Jika ditanya, kapan peristiwa belajar terjadi? maka, jawabnya adalah kapan saja dan dimana saja, ketika ada interaksi antara pebelajar dengan sumber belajar. Siapa atau apa saja sumber belajar itu? Tentu saja bukan guru sebagai satu-satunya sumber belajar. Tapi apapun, baik lingkungan, nuansa, alat, bahan dan lain-lain bisa berfungsi sebaga sumber belajar.
Menurut konsep teknologi pendidikan, sumber belajar dapat meliputi (1)orang (seperti guru, teman, tokoh, artis/selebritis, de el el); (2) bahan (seperti buku teks, modul, CD-ROM pembelajaran, VCD Pembelajaran, OHT, de el el); (3) alat (seperti komputer, LCD projector, peralatan lab, del el el); (4) lingkungan (baik lingkungan fisik seperti tata ruang kelas atau non fisik seperti nuansa, iklim belajar, hubungan antara guru dan siswa, de el el).
Itu semua adalah sumber belajar. Nah, dalam proses pembelajaran di sekolah atau perguruan tinggi atau di perusahaan tempat kerja, harus ada upaya atau harus ada sekelompok orang dengan keahlian, tugas dan tanggung jawab tertentu yang mampu menyulap sedemikian rupa semua sumber belajar tersebut agar optimal untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukanlah suatu institusi yang “secara konseptual” dinamakan sebagai Pusat Sumber Belajar. PSB ini, atau apapun namanya adalah sekelompok orang plus sekretariat (atau bangunan) yang bertugas mengelola dan mengoptimalkan berbagai bentuk dan jensi sumber belajar, seperti disebutkan di atas, sedemikian rupa untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, ini definisi saya:
Pusat Sumber Belajar adalah suatu unit dalam suatu lembaga (khususnya sekolah/universitas/perusahaan) yang berperan mendorong efektifitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi yang meliputi fungsi layanan (seperti layanan media, pelatihan, konsultansi pembelajaran, dll), fungsi pengadaan/pengembangan (porudksi) media pembelajaran, fungsi penelitian dan pengembangan, dan fungsi lain yang relevan untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi pembelajaran.
Diposting dari Penulis : 
Uwes A. Chaeruman on: August 8th, 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar